--> Bisakah menjadi teknisi handphone tanpa kursus ? | Kangserpis TKJ

Selamat datang di blog saya.

Tuesday, August 27, 2019

Bisakah menjadi teknisi handphone tanpa kursus ?

| Tuesday, August 27, 2019
     Assallamuallaikum.. wr.wb.
Kembali lagi bersama saya si kangserpis.
Sesuai judul, apakah bisa kita menjadi seorang teknisi handphone tanpa kursus?. jawabannya adalah bisa..
Mengapa saya katakan bisa?, karena begini lah saya, saya hanya seorang teknisi tanpa ikut kursus, saya belajar sendiri.. bagaimana caranya?. sebelumnya saya akan sedikit bercerita mengenai pengalaman saya..


    Saya dulunya hanya seorang pelajar biasa, saat saya duduk di kelas 1 smp, saya merasa uang saku saya tdk cukup, cukup sih tapi hanya untuk di sekolah saja, saya mulai berpikir bagaimana caranya saya bisa mendapatkan uang saku tambahan untuk jajan. Akhirnya saya mencoba menjual hp saya menggunakan aplikasi OLX yang sampai saat ini masih terkenal. saat hp saya terjual saya membeli hp dari teman saya yang lebih murah dan memiliki satu kerusakan, kalau nggak salah hpnya suka ngerestart sendiri. saya searching di google dan menemukan caranya dengan cara di flashing, akhirnya saya pergi ke warnet untuk mencobanya dan berhasil.
     Singkat cerita saya semakin tertarik dengan itu, saya menjual hp yang telah saya perbaiki dan mencari lagi yang agak rusak, begitu seterusnya.. setelah teman saya mengetahui saya bisa memperbaiki hp, mereka minta tolong kepada saya untuk memperbaiki hpnya, tapi saya masih pikir2 karna takut gagal. Mereka memberi saya sedikit bayaran asal saya bisa memperbaikinya, saya semakin percaya diri dan akhirnya berhasil..
     Di situ lah saya memulai, saya terus memulai dan saya membeli peralatan servis sedikit demi sedikit.. sampai sekarang saya sudah membuka jasa servis hp,laptop,komputer,dan elektronik.

     Oke itu tadi sedikit cerita saya walaupun malah kepanjangan.. hehehe..
setelah kalian membacanya apakah kalian sudah bisa memahami maksudnya?.
Intinya kalian hanya perlu memulai, jangan takut gagal, kalau masih takut yah kalian bisa mencoba cara saya dengan membeli hp rusak dan memperbaikinya..

     Berikut saya memberi sedikit tips untuk yang ingin serius membuka usaha ini.


  • Peralatan dasar
    persiapkan alat-alat yang dasar aja dulu. seperti obeng hp, solder. lem lcd, pinset. ini jika kalian belum punya modal sama sekali yah, kalian bisa mengumpulkan lalu membeli barang ini sedikit demi sedikit, karna beberapa alat tersebut yang paling murah murah. Jika budget kalian mencukupi bisa menambahkan multitester, blower, power supply, lampu,flux timah pasta, dll.
  • Komputer/Laptop
    Kalian juga perlu menyiapkan PC atau Laptop, jika belum punya kalian bisa ke warnet, pinjam punya ortu,kakak, teman. Tapi, jika kalian hanya meminjam akan sangat ribet nantinya karna selalu instal aplikasi yang di butuhkan. sedangkan kalau ke warnet, kalian akan menghabiskan banyak uang untuk menyewa waktunya. Karena, dalam memecahkan suatu masalah kadang butuh waktu yang agak lama, dan pastinya suasananya harus lebih tenang. akan lebih praktis dan tenang jika kalian memilikinya sendiri..
  • Ruangan kerja
    kalian bisa kerja di kamar atau d mana saja asal ada meja nya yah.. hehehe.
  • Modal
    jika kalian ingin mengganti sparepart handhpone, kalian harus punya sedikit modal, contohnya ingin mengganti lcd, speaker,kesing,touchscreen,dll. harga part2 nya nggak terlalu mahal, hanya saja untuk lcd agak mahal, untuk lcd yang menyatu dengan touchscreen harganya di kisaran 150rb sampai 500rb untuk yang bukan super amoled.
    kadang saya hanya perlu menyiapkan modal 200 sampai 400rb bisa selesai beberapa hp dalam sehari.
  • Mengetahui toko sparepart di kota anda masing2.
    kalian harus mencari toko sparepart di kota masing2, bisa bertanya atau cari di google maps. Cari sebanyak yang kalian bisa, agar ada perbandingan harga dan jaga2 jika salah satu toko kehabisan sparepart yang di cari. kalian juga bisa pesan sparepart dari bukalapak,tokopedia,atau shopee..
  • Keberanian, dan percaya diri
    jangan takut memulai gan..

     yah mungkin hanya itu yang bisa saya bagikan, jika ingin bertanya silahkan komentar, untuk lebih lengkapnya kalian bisa terus mengikuti blog saya, saya membagikan seputar servis dan informasi teknologi. 
jika ada salah salah kata mohon d maafkan, saya hanya manusia biasa yang tak luput dari kesalahan, saya hanya ingin berbagi dan tidak bermaksud menggurui.. 
     Oke teman2 sekian dari saya
Wassalamualaikum wr.wb

Related Posts

No comments:

Post a Comment