--> bisakah laptop lama di buat ngebut ? | Kangserpis TKJ

Selamat datang di blog saya.

Thursday, August 29, 2019

bisakah laptop lama di buat ngebut ?

| Thursday, August 29, 2019
assalamualaikum.. wr.wb
     gimana kabar nih teman2?.. apakah kalian memiliki laptop tipe lama yang performanya masih cukup rendah?. apakah kalian pernah terfikir untuk membuat laptop itu lebih enak di gunakan?. Nah inilah yang akan saya bahas pada artikel kali ini, Yaitu bagaimana caranya agar laptop jadul kita bisa lebih ngebut.. Apakah bisa?, bisa dong dengan menambahkan beberapa part, tapi laptop kalian harus memenuhi syarat di bawah ini.

apakah syaratnya?. Berikut syarat yang harus di miliki :


  • Ram minimal DDR3
    mengapa harus ddr3?, karena DDR2 kebawah performanya masih sangat kurang, dan juga Ram yang bisa di tambahkan sangat terbatas.
  • Processor
    untuk processor bisa apa saja asal jangan pentium 4 kebawah. untuk Amd minimal Amd A4.
    Berbeda dengan PC, laptop memiliki processor yang onboard alias bawaan dan tidak bisa di gonta ganti.
  • mengorbankan slot dvd rom
    kenapa dvd rom di korbankan?, nanti ada penjelasannyan di bawah.
  • Siap membongkar laptop anda
    karna yang kita upgrade di sini adalah hardware nya, jadi kita harus menyiapkan peralatan untuk membongkar, minimal obeng saja sudah cukup kok.
    Jangan takut untuk membongkar, karena dengan membongkarnya kalian bisa sekalian membersihkan bagian dalam terutama pada kipasnya, karena laptop yang sudah berumur cukup lama pasti akan sangat kotor dalamnya dan akhirnya menyumbat saluran pembuangan hawa panas, ini mengakibatkan performa juga menurun jika terjadi panas berlebihan saat laptop di jalankan.
     Nah, jika kalian sudah siap dengan syarat di atas lanjut ke alat dan bahan yang di perlukan :

  • peralatan
    Anda hanya perlu menyiapkan obeng, kuas dan kain (untuk membersihkan), dan jika perlu siapkan pasta pendingin processor.
  • Ram

    ini yang paling berpengaruh nantinya, ram fungsinya sebagai penyimpanan sementara untuk aplikasi yang di buka, jadi semakin besar kapasitas ram yang kita miliki, maka semakin lega aplikasi bisa berjalan, dan semakin cepat juga laptop kita bekerja.
    Siapkan ram sesuai tipe ram yang ada pada laptop kita, contohnya laptop memiliki ram DDR3 2gb, pilihlah ram dengan DDR3 dan kapasitas yang lebih besar, bisa 4gb,8gb,dan seterusnya. Tapi, jika laptop kalian memiliki 2 slot ram dan yang satu sudah ada 2gb, anda boleh hanya membeli 2gb lagi dan memasang di slot 2, maka total ram akan menjadi 4gb dual chanel. untuk multitasking browsing dll, saya lebih nyaman menggunakan total ram 8gb, tapi jika kalian hanya mampuh membeli 4gb itu juga sudah cukup.
  • SSD pengganti hardisk

    SSD fungsinya sama seperti hardisk, yaitu sebagai media penyimpanan pada laptop, tapi SSD memiliki kecepatan transfer data yang jauh lebih cepat dari hardisk. Sistem operasi laptop juga di instal pada hardisk, jadi jika kalian menggunakan SSD sistem operasi yang ada pada laptop akan berjalan lebih lancar juga.
    Untuk harga, SSD memiliki harga yang lebih maha dari hardisk, jadi kalian perlu menyiapkan HDD caddy agar tetap bisa menggunakan hardisk kalian, agar penyimpanan pada laptop tetap mencukupi, pilihlah SSD yang berkualitas, jika budget terbatas kalian bisa menggunakan SSD vgen kapasitas 120gb atau 240gb.
  • HDD caddy
    Hdd caddy adalah sebuah tempat untuk menggantikan fungsi Dvd rom menjadi tempat hardisk, inilah sebabnya kita harus mengorbankan DVD rom kita untuk di gantikan dengan hardisk lama kita.

itu tadi bahan yang di butuhkan, sekarang ke tahap pemasangannya.
  1. buka semua baut yang ada dan bongkar kesing laptop anda, biasanya kita dapat membuka hardisk dan ram hanya dengan membuka bagian bawah, tapi jika kalian ingin membersihkan dan menambahkan pasta pendingin kalian harus bongkar semuanya.
  2. buka semua flexibel dan kabel yang terpasang, lalu cabut motherboard dari kesing.
  3. buka kipas pendingin yang menempel pada processor.
  4. bersihkan semua debu yang ada menggunakan kuas dan kain, perhatikan juga kotoran yang ada pada kipas, pastikan bersih semua.
  5. bersihkan sisa pasta yang ada pada processor lalu gantikan dengan pasta yang baru.
  6. pasang kembali kipas pada tempatnya.
  7. pasang motherboard pada kesing.
  8. pasang SSD yang baru di tempat hardisk.
  9. Pasang ram yang anda miliki.
  10. pasang Hardisk lama kita di HDD caddy tadi, lalu pasang di tempat DVD Rom.
  11. rakit kembali laptop anda seperti semula
  12. coba hidupkan dan cek ramnya di bios dengan cara menekan F1, ESC, F10, atau Del, tergantung merek laptopnya, biasanya beda2..
  13. jika ram yang baru sudah terdeteksi kalian tinggal instal ulang windows kalian ke ssd, dan gunakan windows 64bit.
  14. Selesai.
     Sekarang laptop anda akan lebih ngebut di banding sebelumnya, cara ini saya lakukan di laptop saya dengan spesifikasi bawaan processor Amd a4, Ram 2gb, hardisk 320gb. ini tentu akan berat untuk multitasking, saya melakukan upgrade Ram 8gb, SSD vgen 240gb dan menambah Hdd caddy, kecepatannya menjadi sangat jauh berbeda, laptop ini saya gunakan untuk flashing hp, dan untuk memecahkan masalah pada hp kita biasanya membuka sangat banyak Tab di browser, saya tidak merasakan Lambat sama sekali setelah melakukan upgrade.
untuk yang ingin videonya bisa kalian lihat di Youtube saya


terimakasih telah berkunjung, jika ada yang kurang jelas silahkan berkomentar.
jika kalian mengunjungi youtube saya jangan lupa subscribe yah gan.. 😁
wassallamualaikum.. wr.wb

Related Posts

No comments:

Post a Comment